Rabu, 16 Februari 2011

Mozaik cerita tentang Hosni Mubarak


Terlepas dari kekisruhan politik yang melanda Mesir untuk menuntut perubahan suksesi kepemimpinan dalam kursi eskekutif dan telah mengorbankan ratusan nyawa, ada hal menarik yang ingin saya tulis mengenai kehidupan presiden Hosni Mubarak. Bagaimana seseorang bisa memimpin sebegitu banyak orang dalam periode yang cukup lama. Saya yang memimpin dua orang anak balita aja susahnya minta ampun. Namun ironinya, dia sekarang menjadi orang yang paling dibenci di Mesir. Jadi saya mengumpulkan informasi-informasi dibawah ini dari berbagai artikel yang saya temui di internet.

Kerusuhan di Mesir yang menghiasi halaman utama surat kabar di awal tahun ini, mengungkapkan rahasia lain tentang mantan presiden Hosni Mubarak. Terlahir dengan nama Muhammad Hosni Sayyid Mubarak pada tanggal 4 Mei 1928. Di usianya yang ke 83 tahun dia memutuskan untuk mengundurkan diri menjadi presiden setelah berkuasa dari tahun 1981 – 2011. Hosni Mubarak menjadi presiden setelah presiden Mesir sebelumnya yaitu Anwar Sadaat dibunuh oleh sel jihad dalam militer yang dipimpin oleh Letnan Khalid Islambouli pada bulan October 1981. Sebelumnya dia menjabat sebagai wakil presiden.

Sebelum berkarier dibidang politik, Hosni Mubarak memulai kariernya di Angkatan Udara Mesir, menjadi komandan dari tahun 1972 – 1975 dan naik pangkat menjadi marsekal angkatan udara. Seiring dengan pengangkatannya menjadi presiden, Mubarak juga menjabat sebagai ketua partai Nasional Demokratik.

Sejak berkuasa tahun 1981, Mubarak dapat membuat negara-negara afrika utara menjadi stabil. Rahasianya, dia dapat membina hubungan baik dengan negara-negara barat dan Israel. Sejak berkuasa tahun 1981, Mubarak dapat membuat negara-negara afrika utara menjadi stabil. Rahasianya, dia dapat membina hubungan baik dengan negara-negara barat dan Israel.Menurut Koran Anak Indonesia, Mubarak selama menguasai rezim pemerintahan Mesir selama 30 tahun sebenarnya melakukan tiga fungsi utama. Fungsi utama pemerintahannya sebenarnya adalah untuk mensejahterakan rakyat Mesir, Fungsi kedua adalah membela kepentingan Amerika dalam menjaga dengan kuat perjanjian Camp David agar tidak menyerang Israel. Sementara itu fungsi ketiga adalah menjaga kepentingan Amerika di Timur Tengah. Tetapi justru kesuksesannya membela Amerika dan Israel ini juga menumbuhkan sikap antipati yang sudah terpendam lama oleh rakyatnya.

Tulisan dalam Koran ini juga mengatakan peranan Amerika dalam mengendalikan Mesir sangat luar biasa besar. Hal ini dilakukan karena mesir adalah negara yang paling strategis yang dapat mengamanklan kepentingan Amerika di Timur tengah termasuk dalam dukungan kepentingan Isreal di Timur Tengah. Selama bertahun-tahun Mesir menjadi penerima bantuan terbesar kedua setelah Israel dari dana bantuan asing AS — 1,3 milyar dolar AS selama 30 tahun. Di samping peralatan militer, bantuan tersebut Amerika telah membangun hubungan sangat kuat antara militer AS dan Mesir. Bantuan AS ke Mesir sebagai “investasi yang akan dibayar dalam waktu lama.

Spekulasi transisi kepemimpinan Mesir setelah Mubarak menjadi topik pembicaraan yang menarik bagi para pengamat Timur Tengah. Meskipun dalam pidato pengunduran dirinya, Mubarak menyerahkan pemerintahan sementara di tangan militer, namun ada kemungkinan juga kepemimpinan Mesir akan diambil alih oleh Ikhwanul Muslimin.  Mereka datang dari kampus Al Azhar dan cendekiawan yang mendukung demokrasi, tak terpengaruh tekanan militer dan membuka kerjasama dengan eropa. Bahkan ke Rusia dan Cina untuk membangun ekonomi. Sehingga tidak selamanya bergantung pada Amerika

Selain suksesi kepemimpinan, fakta yang menarik dari Mubarak adalah jumlah kekayaannya yang fantastis.  Ini mendorong media melakukan investigasi tentang jumlah kekayaannya. Menurut New York Post, Hosni diperkirakan mempunyai kekayaan sekitar USD 70 Milyar. Mubarak menyimpan kekayaannya di sejumlah bank di Swiss, Amerika Serikat dan Inggris. Dia juga memiliki beberapa rumah megah seperti istana di Inggris, Los Angeles, Washington dan New York. Jika benar daftar kekayaan ini, mungkin Hosni menjadi orang terkaya di dunia melebihi pengusaha meksiko Carlos Slim Helo (USD 53,5 Milyar) dan pendiri Microsot yang juga orang paling kaya di Amerika Serikat (USD 53) berdasarkan urutan orang kaya versi Forbes.

Pada tanggal 12 Februari 2011, pemerintah swiss mengumumkan pembekuan rekening bank Mubarak dan keluarganya. Namun pemerintah Swiss enggan memberikan informasi lebih tentang jumlah uang dalam rekening tersebut.

Sebelum kerusuhan melanda Mesir pada awal tahun 2011 ini, berdasarkan informasi dari Wikipedia, pada musim panas 2010, media telah berspekulasi “Mesir di puncak perubahan yang dramatis”, karena diyakini Mubarak kena kanker. Menurut sumber inteligen di terkena kanker perut, atau pancreas, namun informasi ini dibantah oleh pemerintah mesir. Spekulasi tentang kesehatannya memicu pengunduran dirinya pada tanggal 11 Februari 2011. Menurut media mesir, kondisi Mubarak memburuk setelah dia mengasingkan diri di villanya yang bagus Sharm el-Sheikh. Mubarak dilaporkan depresi, menolak minum obat, dan kehilangan kesadaran. Menurut sebuah sumber, pejabat keamanan mesir yang tidak mau disebut namanya, “Mubarak ingin sendirian dan meninggal di negaranya”. Sumber ini juga membantah bahwa Mubarak menulis buku biografinya, dan mengatakan bahwa Mubarak hampir tidak sadar. Setelah pengunduran dirinya tanggal 11 Februari 2011, mantan duta besar mesir untuk AS Samen Shoukry mengatakan pada sumber pribadinya bahwa Mubarak “sedang dalam keadaan tidak sehat”. Sementara beberapa surat kabar mesir dan arab Saudi melaporkan bahwa Mubarak sedang dekat kematian dan dalam koma.

Masa pemerintahan Mubarak melahirkan banyak orang miskin di Mesir, pengangguran dan korupsi marak, namun ditengah-tengah masa itu juga Mubarak dianugerahi Jawaharlal Nehru Award  pada tahun 1995. Jawaharlal Nehru award adalah penghargaan internasional dipersembahkan oleh Pemerintah India. Didirikan tahun 1965 untuk orang-orang “yang mempunyai sumbangan besar untuk mempromosikan pemahaman internasional, kemauan baik dan persahabatan untuk semua orang di dunia”.  Memang di dunia selalu ada dua kutub berbeda, ini juga terdapat dalam sifat manusia. Tidak ada manusia yang ekstrem jahat dan ekstrem baik. Ah dunia, sungguh berwarna.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda